Leave a comment

Jaringan LAN Tidak Terkoneksi dengan Baik

Komputer pada suatu tempat kerja yang biasanya terhubung dari satu komputer dengan komputer lain yang menggunakan jaringan lan biasanya pun sering terjadi masalah, misalnya saat asik asik menggunakan tiba tiba koneksi terputus atau ada tulisan limited access.. jika terjadi hal seperti itu jangan panik, atau langsung merubah ip address anda: seperti pengalaman saya hari ini, saat sedang asik asik ngeprint tiba tiba koneksi komputer saya terputus, merasakan hal tersebut saya langsung mencari tahu sumber dari masalah ini langkah pertama yang saya cari adalah :

  1. Saya mengecek switch hub terlebih dahulu apakah lampu jaringan ke komputer saya menyalah, karena ada kemungkinan port swich hub rusak
  2. Jika menyalah dengan baik saya mencoba untuk membersihkan kepala port yang terhubung antara switch hub dengan port yang terhubung dengan komputer
  3. lalu saya melakukan restart komputer
  4. jika ternyata masih bermasalah dan masih ada tanda limited access berarti masalah belum terselesaikan selanjutnya coba klik kanan pada jaringan network dan lakukan repair
  5. jika masih bandel juga anda harus membuka casing cpu komputer anda lalu lakukan pembersihan secara menyeluruh di dalam cpu anda karena debu dapat menjadi penyebab putusnya koneksi anda.
  6. jika masih tidak berhasil coba ganti kabel lan ada
  7. jika masih juga coba pasangkan kabel lan anda ke komputer lain
  8. jika ternyata komputer lain bisa .. berarti lan card anda yang mengalami masalah

sekian tips pengecekan jaringan lan semoga bermanfaat <(“)

Leave a Reply

