Leave a comment

MANAJEMEN OPERASI DAN KUALITAS

operasi apa artinya hari ini?
# operasi (produksi)
semua kegiatan invilved dalam membuat produk, barang dan jasa bagi pelanggan.
# jasa operasi (produksi jasa)
menyediakan produk jasa tidak berwujud dan nyata
# barang operasi (produksi yang baik)
menghasilkan produk-produk nyata

 

menciptakan nilai melalui operasi
# operasi manajer membuat utilitas untuk pelanggan melalui produksi, persediaan dan kontrol kualitas.
# utilitas
_ kemampuan produk untuk memuaskan sebuah keinginan atau kebutuhan

* bentuk utilitas
* waktu utilitas
* tempat utilitas

# operasi (produksi) pengelolaan
_the sistematis arah dan pengendalian proses yang mengubah sumber daya menjadi barang jadi dan jasa yang menciptakan nilai dan manfaat provive kepada pelanggan.

 

perbedaan antara barang dan jasa operasi manufaktur
* barang diproduksi
* layanan dilakukan
Operasi service * berbeda dari operasi manufaktur di bahwa operasi pelayanan:
1. melibatkan berinteraksi dengan konsumen
2. kadang-kadang berwujud dan unstrorable
3. melibatkan kehadiran pelanggan dalam proses
4. melibatkan pertimbangan tertentu kualitas service

 

proses operasi
– Proses operasi
satu set metode dan teknologi yang digunakan untuk menghasilkan barang atau jasa.

– proses produksi barang
* membuat proses pesanan
* membuat proses stock

– Layanan proses produksi
sejauh mana kontak pelanggan
* sistem menghubungi rendah: rendah keterlibatan pelanggan
* sistem menghubungi tinggi: tinggi keterlibatan pelanggan

 

operasi perencanaan
* kapasitas perencanaan
– Kapasitas: jumlah produk yang perusahaan dapat produk dalam kondisi normal.
– perencanaan berkaitan dengan menentukan berapa banyak yang dapat dihasilkan.

* lokasi perencanaan
– lokasi mempengaruhi biaya produksi dan fleksibilitas
– berurusan perencanaan dengan menentukan di mana ia akan diproduksi

 

*perencanaan tata letak
-tata letak mesin, peralatan, dan perlengkapan menentukan apakah sebuah perusahaan   dapat merespon permintaan te efisien untuk produk yang lebih dan berbeda atau apakah ia menemukan dirinya tidak mampu mencocokkan pesaing kecepatan dan kenyamanan.

– berurusan perencanaan dengan menentukan bagaimana produk akan diproduksi
* proses tata letak
* produk layout

 

manajemen operasi

1. pembelian: membeli barang dan jasa, pengadaan
2. pengendalian manajemen: delegasi, evaluasi, bodgets, kinerja, personel.
3. produk dan jasa manajemen: R & D, produk baru
4. manajemen mutu: TQM, benchmarking
5. manajemen persediaan: JIT, RFID
6. logistik: supliers frrom aliran bahan untuk pelanggan, transportasi, telecommuting
7. fasilitas tenaga manajemen: bildings, sistem komputer, pencahayaan
8. manajemen konfigurasi: versi perangkat lunak
9. saluran distribusi: grosir, pengecer, terlihat di tv, mail order, katalog, www

 

perencanaan mutu
– kombinasi dari “karakteristik dari suatu produk atau jasa yang menanggung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan lain atau tersirat” (american masyarakat untuk kualitas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: